RSS

Jika Buah Hati Tak Kunjung Hadir (2)

Bentuk Ujian dan Cobaan
Setiap manusia di dunia ini tak akan lepas dari ujian Allah. Dalam Al-Qur'an, Allah swt. berfirman, “Dan sungguh akan Kami berikan cobaan kepadamu, dengan sedikit ketakutan, kelaparan, kekurangan harta, jiwa, dan buah-buahan. Dan, berikanlah kabar gembira kepada orang-orang yang bersabar.” (Q.s. Al-Baqarah [2]: 155)

Belum mendapatkan momongan meskipun telah lama mengarungi bahtera rumah tangga adalah salah satu bentuk dari berbagai macam ujian yang Allah berikan kepada manusia. Kebanyakan orang mengira bahwa ujian hanya datang dalam bentuk kesulitan atau musibah. Mereka tidak menyadari bahwa melimpahnya nikmat juga merupakan ujian yang diberikan Allah. Banyak di antara mereka yang mampu melalui ujian dan bersabar ketika mendapatkan kesulitan, namun sangat sedikit yang mampu melampaui ujian berupa kenikmatan sehingga mereka pun lengah dan lalai.

Allah Ta'ala berfirman, “… dan sungguh Kami akan menguji kamu dengan keburukan dan kebaikan sebagai cobaan. Kepada Kami, kamu akan kembali.” (Q.s. Al-Anbiyâ' [21]: 35)

Allah juga berfirman, “Adapun sebagian manusia apabila diberi ujian oleh Tuhannya yaitu diberi tempat yang mulia dan diberi kenikmatan kepadanya, maka ia berkata, ‘Tuhanku telah memuliakan aku.’ Adapun apabila Tuhannya mengujinya dengan membatasi rezekinya, dia berkata, ‘Tuhanku telah menghinakan aku.” (Q.s. Al-Fajr [89]: 15-16)

Janganlah bersedih karena Anda tidak sendirian. Nabi Ibrahim dan Nabi Zakariya pun bernasib serupa. Mereka dikaruniai keturunan oleh Allah ketika usia mereka telah lanjut. Juga Ummul Mukminin, Aisyah, orang yang paling dicintai Rasulullah, bukankah sampai akhir hayatnya ia tidak dikaruniai keturunan? Wahai Muslimah, hendaklah kita mencontoh kesabaran mereka.

Image: silatama.com

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

0 komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...